Kamis, 09 Juni 2016

Peran dan Fungsi Bidan Sebagai Peneliti

KATA PENGANTAR

            Assalamualaikum wr, wb
Puji syukur kehadirat ALLAH SWT, yang telah memberi kekuatan dan kesempatan kepada kami, sehingga makalah ini dapat terselesaikan dengan waktu yang di harapkan walaupun dalam bentuk yang sangat sederhana, dimana makalah ini membahas tentang “PERAN DAN FUNGSI BIDAN SEBAGAI PENELITI” dan kiranya makalah ini dapat meningkatkan pengetahuan kita khususnya tentang apa peran dan fungsi bidan itu sendiri.
Dengan adanya makalah ini, mudah-mudahan dapat membantu meningkatkan minat baca dan belajar teman-teman. selain itu kami juga berharap semua dapat mengetahui dan memahami tentang materi ini, karena akan meningkatkan mutu individu kita.
Kami sangat menyadari bahwa dalam pembuatan makalah ini masih sangat minim, sehinga saran dari dosen pengajar serta kritikan dari semua pihak masih kami harapkan demi perbaikan laporan ini. Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam menyelesaikan makalah ini.






Yogyakarta, 08 Oktober 2015

Kelompok IV (Empat)





DAFTAR ISI



KATA PENGANTAR ……………………………………………………………….    i
DAFTAR ISI …………………………………………………………………………                ii

BAB I PENDAHULIAN …………………………………………………………….                1
1.1.       Latar Belakang  ………………………………………………….............       1
1.2.       Tujuan Makalah ……………………………………….............................       1
1.3.       Rumusan Maslah ………………………………………………………...       1

BAB II PEMBAHASAN  ……………………………………………………………                2
2.1.    Pengertian Bidan…………………………………………………………       2
2.2.    Peran Bidan Sebagai Peneliti ……………………………………………       2
2.3.    Fungsi Bidan Sebagai Peneliti …………………………………………..        2
2.1.       Rencana Kerja Bidan Sebagai Peneliti ………………………………….       3
2.5.    Objek Penelitian Bidan ………………………………………………….       3

BAB II PENUTUP …………………………………………………………...       5
3.1.    Kesimpulan ……………………………………………………………...        5         
3.2.    Saran …………………………………………………………………….        5         
DAFTAR PUSTAKA …………………………………………………………..      6         


BAB I
PENDAHULUAN
1.1.       Latar Belakang
   Bidan adalah salah satu petugas kesehatan yang dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan kompetensi dan kewenangannya. Bidan telah diakui sebagai sebuah profesi dan untuk dapat dikatakan sebagai seseorang yang bekerja profesional, maka bidan harus dapat memahami sejauh mana peran  dan fungsinya sebagai seorang bidan. Bidan dalam menjalankan profesinya mempunyai peran dan fungsi yaitu pelaksana, pengelola, pendidik dan peneliti.
 Peran dan fungsi bidan dalam lingkungan masyarakat khususnya peran dan fungsi bidan sebagai peneliti yaitu seorang bidan dalam menjalankan tugasnya tidak hanya membantu proses persalinan tetapi seorang bidan diharap bisa meneliti tentang kelainan-kelainan yang timbul pada kehamilan atau pada proses persalinan, setelah di teliti kelainan-kelainan yang timbul pada klien hendaknya seorang bidan melakukan pencatatan dan pelaporan serta  melakukan tindakan evaluasi selanjutnya atau segera merujuknya ke rumah sakit.
Dalam masa ini banyak sekali meningkatnya angka kematian ibu dan bayi di desa semakin meningkat. Meningkatnya angka kematian ibu dan bayi di desa di sebabkan karena kurangnya pengetahuan masyarakat desa, tentang pentingnya menjaga kesehatan. Upaya yang dilakukan untuk mengurangi peningkatan kematian ibu dan bayi adalah memberikan wawasan kepada masyarakat tentang pentingnya penelitian terapan dalam bidang kesehatan sesuai dengan peran dan fungsinya.

1.2.       Tujuan
1.      Untuk mengetahui peran dan fungsi Bidan sebagaai peneliti
2.      Agar mahasiswa mengetahui dan menerapkan dalam kehidupan bermasyarakat
3.      Agar mahasiswa mengetahui apa saja kasus – kasus yang terjadi pada dimasyarakat

1.3.       Rumusan Masalah
a.         Apa peran dan fungsi Bidan sebagai peneliti?
b.        Apa saja rencana kerja Bidan sebagai peneliti?
c.         Siapa saja yang diteliti Bidan sebagai objek penelitian?
d.        Apa kasus terbanyak dalam peran Bidan sebagai fungsi peneliti?
e.         Bagaimana cara mencegah kasus tersebut?
BAB II
PEMBAHASAN
2.2.       PENGERTIAN BIDAN

Bidan adalah seorang perempuan yang telah lulus pendidikan kebidanan serta telah diakui oleh pemerintah dan mendapatkan izin praktek kerja. Seorang bidan yang sudah membuka praktek diharapkan dapat memberikan penyuluhan, membantu proses persalinan serta dapat memberikan pengertian kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan dan menerapkan sebagai mana peran dan fungsi bidan dalam masyarakat yaitu sebagai pelaksana, pengelola, pendidik dan peneliti.
Masyarakat yang tidak mengetahui pentingnya peranan bidan sering kali menyepelekan dan tidak menjalankan apa yang di beritahukan kepada mereka. Agar seorang bidan dapat diterima oleh masyarakat seorang bidan harus bisa melakukuan interaksi social, memahami adat istiadat dan budaya masyarakat setempat sera bersikap ramah terhadap semua orang.
Seorang bidan yang sudah diterima dalam lingkungan masyarakat hendaknya tetap dapat memberikan pelayanan yang baik agar masyarakat merasa nyaman dan selalu menjaga kesehatan diri untuk menciptakan masyarakat yang sehat.

2.3.       PERAN BIDAN SEBAGAI PENELITI
Peran adalah perangkat tingkah laku yang diharapkan dan dimiliki oleh orang yang berkedudukan dalam masyarakat (Tim Media pena,2002 : 112 ). Melakukan investigasi atau penelitian terapan dalam bidang kesehatan baik secara mandiri maupun kelompok :
1.        Mengidentifikasi kebutuhan investigasi/penelitian
2.        Menyusun rencana kerja
3.        Melaksanakan investigasi
4.        Mengolah dan menginterpretasikan data hasil investigasi
5.        Menyusun laporan hasil investigasi dan tindak lanjut
6.        Memanfaatkan hasil investigasi untuk meningkatkan dan mengembangkan program  kerja atau pelayanan kesehatan.


2.4.       FUNGSI BIDAN SEBAGAI PENELITI
Fungsi adalah kegunaan suatu hal, daya guna, jabatan (pekerjaan) yang dilakukan, kerja bagian tubuh (Tim Media Pena,2002:117).
Fungsi bidan sebagai peneliti mencakup:
1.      Melakukan evaluasi, pengkajian, survei, dan penelitian yang dilakukan sendiri atau berkelompok dalam lingkup pelayanan kebidanan.
2.      Melakukan penelitian kesehatan keluarga dan KB
2.5.       RENCANA KERJA BIDAN SEBAGAI PENELITI
Disini seorang bidan harus memiliki rencana agar mampu memberikan kesejahteraan bagi ibu dan anak beserta lingkungannya, antara lain :
1.      Memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan diri
2.      Memberikan imunisasi kepada bayi dan anak-anak.
3.      Memberikan asuhan kepada ibu-ibu yang saat itu dalam posisi hamil atau pun setelah melahirkan.
4.      Memberikan pandangan kepada masyarakat agar masyarakat mampu menciptakan lingkungan sehat.
5.      Merencanakan, melakukan rujukan jika mendapat kelainan dalam proses persalinan
6.      Melakukan rujukan ke rumah sakit jika mendapat pasien yang darurat.
7.      Merencanakan dan memberi penyuluhan tentang pentingnya KB

2.6.       OBJEK PENELITIAN BIDAN
Seorang bidan dalam fungsinya jika dia sudah terjun dalam masyarakat dan diterima di dalamnya maka seorang bidan melakukan penelitian di lingkuangan sekitar yang mencakup:
a.         Ibu
Dalam antenatal dan pascanatal bidan disini meneliti apakah ada kelainan saat ibu mengandung dan meneliti bagaimana tingkat kesejahteraan seorang ibu di pascanatal.
b.      Bayi, balita dan anak-anak
Seorang bidan meneliti bagaimana perkembangan janin dalam rahim ibu sampai saat melahirkan dan setalah melahirkan tersebut seorang bayi mendapatkan kesejahteraan dan haknya sampai dia menjadi balita, anak-anak, remaja dan dewasa.
c.       Menopause
Seorang bidan meneliti perjalanan ibu yang sudah mencapai masa tersebut sehingga bidan bisa memberikan pelayanan yang baik terhadap masa- masa tersebut.
d.      Bapak-bapa
Meneliti apakah seorang bapak tersebut mampu menjadi seorang kepala rumah tangga dan memberikan kasih sayang kepada ibu dan anaknya. Jika seorang bapak tersebut masih merasa kesulitan maka seorang bidan harus memberikan dukungan kepada bapak tersebut.
e.    Lingkungan
Seorang bidan meneliti apakah lingkunagn tersebut bersih dari sumber penyakit yang dapat membayakan masyarakat di sekitarnya. Jika lingkungan tersebut kurang baik seorang bidan wajib melakukan tindakan seperti seorang bidan mendatangi kepala desa agar kepala desa tersebut memberitahukan kepada masyarakat untuk bergotong royong membersihkan lingkuangn setempat agar tercipat lingkungan yang sehat.


























BAB III
PENUTUP
3.1.    KESIMPULAN
          Dalam menjalankan tugasnya seorang bidan berperan untuk meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat terutama dalam pelayanan KB, KIA, dan kegawat daruratan sesuai dengan wewenang bidan dan munurunkan angka kematian ibu dan bayi. Seorang bidan dalam fungsi peneliti harus mampu melakukan penelitian dalam bidang kesehatan.
3.1 SARAN
1. Menghimbau para bidan agar menjalankan perannya sebagai bidan
2. Menghimbau para ibu hamil untuk memeriksakan kehamilan nya secara rutin
3. Menghimbau pada masyarakat untu lebih memperhatikan kesehatannya.
























DAFTAR PUSTAKA

www.google.co.id http://sampulmedika.info.com//httm/1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar